October 18, 2024

Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Ngawi melalui Bidang Persandian dan Keamanan Informasi melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo Magetan dalam rangka studi tiru (benchmarking) tentang pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber, Rabu (26/06/24)

Rombongan diterima langsung Kadin Kominfo Magetan, Cahaya Wijaya, S.S.T.P., M.Si., beserta jajarannya.

Kadin Kominfo Magetan mengungkapkan bahwa Magetan baru saja melakukan launching Tim Tanggap Insiden Siber atau Computer Security Incident Response Team (CSIRT), tanggal 4 Juni 2024 lalu, dengan mengundang Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Lebih lanjut, diungkapkan Cahaya bahwa dalam pembentukan CSIR dibutuhkan komunikasi dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak termasuk yang terpenting keamanan siber itu tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo tetapi tanggung jawab bersama seluruh perangkat daerah.

“Kami menyiapkan perangkat pendukung, sumber daya manusia, dokumen, dan lain-lain dengan didampingi dan diasistensi oleh BSSN serta Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur. Maksud dan tujuan Magetan CSIRT adalah untuk melakukan penanggulangan insiden, investigasi, dan analisis dampak insiden, serta pemulihan pasca insiden keamanan siber di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan,” pungkasnya.

Sementara Wurianto Saksomo, Kabid Persandian Dinas Kominfo SP Ngawi selaku ketua rombongan menyampaikan terima kasih kepada tuan rumah dan memberikan apresiasi atas keberhasilan Kabupaten Magetan membentuk Magetan CSIRT sehingga menjadi daerah pertama yang me-launching CSIRT secara nasional pada tahun 2024, sekaligus daerah ke-17 yang telah me-launching CSIRT di Provinsi Jatim.

“Keberhasilan Magetan ini semakin memotivasi kami untuk membentuk CSIRT di Kabupaten Ngawi. Kami juga berharap lahirnya kerja sama dan komunikasi antara kedua instansi, terutama dalam penanganan serangan siber, keamanan informasi, dan lain-lain,” tandasnya. (Persandian)