Transparansi Layanan Publik Jadi Fokus, Diskominfo Ngawi Laksanakan Monev SP4N-LAPOR 2025
Dalam upaya meningkatkan transparansi dan kualitas pelayanan publik, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Ngawi menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengelolaan SP4N-LAPOR Tahun 2025 di Kurnia Convention Hall, Rabu (5/11/2025). Kegiatan ini diikuti oleh para admin dan pejabat penghubung SP4N-LAPOR dari seluruh perangkat daerah, kecamatan, serta instansi terkait.
Kepala Diskominfo Ngawi Mahmud Rosadi, dalam sambutannya menegaskan pentingnya peran SP4N-LAPOR sebagai sarana utama masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan terhadap layanan publik.

“Melalui sistem ini, pemerintah memastikan setiap aduan disalurkan kepada instansi yang berwenang dan ditindaklanjuti dengan cepat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap layanan publik semakin meningkat,” ujarnya.
Mahmud menambahkan, SP4N-LAPOR telah menjadi aplikasi umum nasional sesuai dengan Kepmenpan 680 Tahun 2020, yang mewajibkan seluruh instansi mengintegrasikan sistem pengaduan pelayanan publiknya. Pengelolaan SP4N-LAPOR juga menjadi indikator penting dalam penilaian Reformasi Birokrasi (RB), SPBE, serta evaluasi pelayanan publik.
Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Yoyok Sulistiyanto, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memperkuat koordinasi antarinstansi agar tindak lanjut aduan masyarakat berjalan lebih cepat dan responsif.

“Sejak 2019 hingga 2024, tingkat tindak lanjut aduan Kabupaten Ngawi selalu di atas 90%, dan hingga triwulan ketiga 2025 mencapai 100%. Kami berharap capaian ini terus dipertahankan dengan kolaborasi semua pihak,” jelasnya.
Melalui kegiatan Monev ini, Diskominfo Ngawi menegaskan komitmen untuk terus memperkuat transparansi, akuntabilitas, dan kualitas layanan publik, sejalan dengan semangat reformasi birokrasi serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang terbuka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (iKP)


