September 19, 2024

Raker Teknis Penggunaan Rumah Data Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Ngawi

Bertempat di Convention Hall Notosuman menggelar Rapat Kerja Teknis Penggunaan Rumah Data Dalam Pemilihan Tahun 2024 yang diikuti jajaran pengawas Pemilu beserta lintas sektor termasuk Dinas Kominfo SP dihadiri JFT Pranata Komputer, Wahyu Ananto, Senin (9/9/24)

Raker ini dibuka Ketua Bawaslu Ngawi, Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko,

Di kesempatan ini, Yohanes mengatakan pentingnya peran Rumah Data untuk memastikan akurasi dan transparansi informasi terkait proses Pemilu.
“Rumah Data tersebut akan menjadi pusat penyimpanan informasi hasil pengawasan dan penindakan Bawaslu di seluruh Jawa Timur,” jelasnya.

Rumah Data ini, menurut Yohanes juga dapat diakses oleh publik. “Seluruh data terkait pengawasan Pemilu dapat diakses dengan mudah dan transparan, baik oleh internal Bawaslu maupun oleh publik,” jelasnya.

Sementara Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi sekaligus anggota Bawaslu Ngawi, Yusron Habibi bahwa Rumah Data akan berfungsi sebagai alat bantu untuk mengumpulkan, memverifikasi, serta menyimpan data terkait pemilihan yang akan berlangsung pada tahun 2024.

Selain itu, platform ini juga akan membantu dalam mengidentifikasi pelanggaran yang mungkin terjadi selama proses Pemilu.

“Dengan teknologi ini, kita dapat lebih cepat mendeteksi jika ada pelanggaran yang terjadi, serta mengelola data dengan lebih efisien dan terintegrasi,” jelas Yusron.

Yusron berharap raker ini mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi seluruh pengawas pemilu di Kabupaten Ngawi terkait pemanfaatan teknologi dalam pengawasan Pemilu. “Hal ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas dalam menjalankan tugas pengawasan, sehingga pemilihan umum tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya.(Aptika)