October 18, 2024

OPD Menyapa: KIR Gratis, Penumpang Aman dan Selamat

Program talkshow RSN OPD Menyapa kali ini bersama narasumber Kepala Dinas Perhubungan Ngawi, Anang Heri Prabowo pada Selasa (1/10/24), dengan membahas keselamatan transportasi.

Anang Heri menjelaskan, Dishub Ngawi memiliki empat bidang, diantaranya Bidang Keselamatan, Bidang Lalu Lintas, Bidang Angkutan dan Bidang Sarana Prasarana (Sarpras), dengan tugas dalam mengelola lampu jalan, rambu lalu lintas, marka jalan, KIR kendaraan, dan mengontrol muatan truk.

“Program pemerintah pusat tahun ini berfokus pada pembebasan biaya pengurusan KIR dengan syarat berplat AE Ngawi, juga Dishub Ngawi berinovasi pada fasilitas bus sekolah dengan trayek Pangkur dan Kwadungan menuju sekolah di Kota Ngawi”, katanya.

Alasan mengambil dua rute tersebut, Anang mengatakan bahwa di wilayah itu tidak dilalui angkutan umum, demi keselamatan penumpang juga dilakukan perawatan kendaraan secara rutin, dan mengimbau seluruh sekolah yang berencana melaksanakan study tour agar bekerja sama dengan Dishub Ngawi untuk melakukan pengecekan kendaraan sehari sebelum kegiatan.

“Keselamatan adalah tanggung jawab bersama dan kesadaran diri serta masyarakat, kami juga menerima aduan secara mudah dan cepat dengan mengunduh aplikasi SIRANI untuk rambu-rambu, SIPANDU terkait lampu lalu lintas serta SIPENGARAH untuk mengurus KIR”, jelasnya.(IKP)