January 31, 2023

Diskominfo SP Gelar Sosialisasi Optimalisasi Peran Admin SP4N Lapor

Keterbukaan publik menjadi bagian penting dalam pelayanan prima kepada masyarakat salah satunya melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Guna mengoptimalisasi pemanfaatan SP4N LAPOR, Selasa (29/11/22) di RM Hj. Maimum, Dinas Komunikasi Informatika, Statistik Dan Persandian gelar Sosialisasi Optimalisasi Peran Admin SP4N LAPOR di lingkup OPD dan Kecamatan se Kabupaten Ngawi.

Disampaikan Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian melalui Kepala Bidang Informasi Keterbukaan Publik (IKP), Satria Eka Widhiarsa optimaliasi SP4N LAPOR sangat penting, mengingat saat ini Kabupaten Ngawi mendapat nilai SAKIP A atau excellent untuk kinerja instansi pemerintah, “Dan MCP KPK (Monitoring Center For Prevention Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam tata kelola keluhan dan aduan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan, ” ujarnya.

Menurut Satria, admin memegang peranan vital untuk mencapai tujuan strategis nasional yakni mewujudkan pengelolaan pengaduan yang memiliki respons dan solusi tepat tepercaya dalam mengelola aspirasi publik,” Tentu dengan memahami tata kelola pengaduan dan keluhan masyarakat, ” Imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan narasumber, Subkor Pengelolaan Tata Kelola Informasi Publik Pria Aditama, dengan aplikasi SP4N LAPOR ini akan menjamin hak masyarakat mendapatkan jawaban dari aduannya, dari penyelenggara publik yang berwenang, “Sehingga kanal pengaduan ini dapat dipertanggungjawabkan tidak seperti aduan di sosial media”, ujarnya.*