FGD Implementasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Sekretaris Dinas Kominfo SP Ngawi, Agus Sutrisno dan Kabid Aptika Ambar Adhi Prastyo menghadiri Forum Group Discussion Implementasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Digital yang dilaksanakan di The Trans Resort Bali, Rabu (20/11/24).
Acara ini dibuka Asisten Deputi Bidang Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Drs. Yanuar Ahmad, MPA, yang dalam sambutannya mengatakan digitalisasi pelayanan publik diharapkan dapat mempercepat pelayanan, memangkas berbagai tahapan dalam layanan agar lebih sederhana, “Dan, dapat diakses melalui berbagai media elektronik oleh seluruh lapisan masyarakat,” terangnya.
Yanuar juga menambahkan salah satu penerapan penyelenggaraan publik dengan aplikasi SIPPN, yang diharapkan mampu menjawab tantangan pemerintah di era digital saat ini sekaligus bertransformasi terhadap pelayanan yang lebih efektif, efisien dan terintegrasi secara nasional.
Sementara Asisten Deputi Standarisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif, Kemenpan-RB, Martina Simanjuntak menjelaskan standar pelayanan yang menjadi tolok ukur pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan adalah sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayana yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.
FGD ini menurut Martina bertujuan untuk menindaklanjuti arahan kebijakan Menteri PANRB terkait dengan akselerasi transformasi digital pelayanan publik pada pemerintah daerah, yang memerlukan pemetaan e-service, pengelolaan SIPPN dan penerapan MPP Digital Nasional (Aptika).