December 6, 2022

Koordinasi Diskominfo Statistik dan Persandian Dengan BPS Ngawi Bahas Penilaian Maturitas IPS

Menjelang penilaian maturitas IPS (Indeks Pembangunan Statistik), Diskominfo SP Kabupaten Ngawi lakukan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik Ngawi, Selasa (15/11/22) diruang kerja Kepala BPS Ngawi.

Disampaikan Kadin Kominfo Statistik dan Persandian, Wahyu Sri Kuncoro bahwa koordinasi kali ini membahas penilaian IPS yang akan dilakukan di Kabupaten Ngawi, termasuk persiapan pembentukan TPI (Tim Penilai Internal), teknis pelaksanaan, hingga evalusi. “Pembangunan statistik di Kabupaten Ngawi sedang dinilai dan menjadi isu penting,” tandasnya.

Wahyu berharap adanya kolaborasi dan sinergi seluruh stakeholder untuk penilaian ini, “Harapannya semoga kita mendapat IPS yang baik dan kemungkinan itu bisa terjadi, jika melihat kesungguhan Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam melakukan kegiatan statistik sesuai NSPK dan SSN yang ditetapkan pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, disebutkan Kepala BPS Ngawi, Prayogo Setyo Widodo ada tiga struktur penilaian IPS diantaranya domain, aspek dan indikator, “Salah satu indikator penilaian IPS yang penting adalah kegiatan survei statistik sektoral yang mendapatkan rekomendasi dari BPS sebagai pembina data,” kata Yoga sapaan akrabnya.

Ditambahkan Yoga, hal itu perlu dilakukan sinergitas antar institusi yang ada, “Dalam hal ini BPS sebagai pembina data statistik, sedangkan Diskominfo Statistik dan Persandian sebagai walidata, serta OPD lain sebagai walidata pendukung,” terangnya.

Ditegaskan Yoga dengan kerjasama yang baik antar perangkat daerah, Kabupaten Ngawi akan mendapat peringkat dalam penilaian maturitas IPS. (Nr/11).