July 15, 2024

NgoPi: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gilut

Program talkshow Radio Suara Ngawi, Ngobrol Pintar (NgoPi) edisi kamis (4/7/24) bersama drg. Rahma dan nutrisionis Winda dari Puskesmas Tambakboyo, membahas kesehatan fungsi gigi dan mulut.

Dijelaskan drg. Rahma, penyebab kerusakan gigi seperti gigi berlubang berasal dari penyakit tertentu pada gigi, anatomi susunan gigi, dan jumlah konsumsi produk mengandung tinggi gula.

“Selain itu faktor air liur, konsumsi tembakau, karies botol susu pada anak, tidak menjaga kebersihan mulut dan jenis obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi karies yang menyebabkan kerusakan gigi”, katanya.

Adapun cara untuk merawat kesehatan gigi dan mulut menurut drg. Rahma harus tepat memilih produk perawatan gigi, serta disiplin menjaga kesehatan mulut dengan melakukan diet dengan membatasi asupan makanan manis tinggi gula, juga perawatan gigi.

“Umumnya menyikat gigi dua kali sehari, terlebih setelah makan minum supaya meminimalisir plak di mulut, penambalan, melakukan kontrol tiap enam bulan sekali, dan apabila gigi telah terinfeksi atau tidak dapat dipertahankan bisa dilakukan pencabutan”, tuturnya.(*)