Home / Artikel / Tangkal Penyebaran Corona Lewat Aplikasi 10 Rumah Aman

Tangkal Penyebaran Corona Lewat Aplikasi 10 Rumah Aman

Wabah virus corona masih juga belum reda. Sejak ditemukan kasus pertama di Indonesia pada awal Maret 2020 lalu hingga saat ini orang yang terpapar masih terus melonjak. Keberadaannya yang tengah merebak turut menjadi perhatian masyarakat internasional saat ini, termasuk warga Indonesia. Hal ini tentu harus terus diwaspadai oleh kita semua.

Sejumlah langkah guna mengantisipasi penyebaran corona pun terus dilakukan pemerintah dengan menyerukan masyarakat untuk menggalakkan kebersihan diri, melakukan physical distancing, dan tidak keluar rumah untuk sementara waktu. Hal ini tentu bertujuan untuk melindungi kerabat, sanak keluarga, dan orang terkasih agar tidak ikut terpapar Covid-19.

Tak hanya itu, upaya lain yang dilakukan pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia turut memunculkan sejumlah kreativitas anak bangsa. Sejumlah inovasi di bidang teknologi berhasil dikembangkan secara gotong royong. Tujuannya adalah secara bersama-sama melawan virus corona tersebut.

Berbekal teknologi, pemerintah kini menghadirkan aplikasi digital sebagai salah satu cara mengendalikan dan meminimalkan risiko seseorang terdampak paparan virus corona. Aplikasi ini bernama 10 Rumah Aman.

Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan sebuah aplikasi yang telah diluncurkan oleh pemerintah. Aplikasi ini dirancang berbasis komunitas agar bisa digunakan masyarakat dan Pemerintah dalam menghadapi wabah Virus Corona (Covid-19).

Kemunculan sebuah aplikasi kesehatan ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Kantor Staf Presiden (KSP). Aplikasi 10 Rumah Aman ini merupakan aplikasi berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan terhubung dengan platform media sosial.

Ada beberapa fitur yang telah disematkan. Diantaranya adalah pengukuran suhu yang dilakukan berkala. Kemudian informasi mengenai makanan dan juga minuman. Selanjutnya adalah layanan inspirasi hidup sehat. Pada aplikasi 10 Rumah Aman juga disediakan berbagai fitur yang berkaitan dengan langkah pencegahan dan penanganan virus corona yang bisa dilakukan di tingkat masyarakat umum.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Pengendalian Kominfo Ditjen Aptika Kementerian Kominfo ini pun memiliki user interface yang sederhana sehingga cukup mudah untuk dioperasikan.

Masyarakat dapat mengunduhnya di Google Play Store melalui tautan https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sepuluh.rumahaman&hl=en atau di laman situs web https://www.sepuluhrumahaman.id.

Selain itu, dalam aplikasi ini terdapat pula nomor hotline ChatBot covid19.go.id sehingga kita bisa menghubungi melalui WhatsApp untuk melaporkan atau mengetahui lebih lanjut penanganan Covid-19.

Sumber :

Bagi dan Sebarkan :
Shares
x

Check Also

Wujudkan Smart City di Indonesia, Wapres Dukung Riset Inovatif Perguruan Tinggi

Jakarta, Kominfo – Sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, transformasi ...