October 18, 2024

Ngopi RSN: Waktu Indonesia Berencana, Keluarga Bahagia, Keluarga Berencana

Lagi, Ngobrol Pintar (Ngopi) RSN 90,3 FM kali ini bersama Puskesmas Kauman dengan narasumber Bidan Eka Ria Novita dan Luluk Sundari , Kamis (25/09/24) dengan bahasan Program Keluarga Berencana (KB).

Menurut Eka program Keluarga Berencana (KB) bertujuan mengendalikan jumlah penduduk dan meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pengaturan jumlah anak dan jarak kelahiran.

“Puskesmas berperan penting dalam memberikan konsultasi dan pendampingan keluarga terkait perencanaan jumlah anak dan jarak kelahiran,” katanya.

Selain itu diungkapkan Eka, layanan KB di Puskesmas Kauman meliputi konseling KB, penyediaan alat kontrasepsi, edukasi kesehatan reproduksi, pendampingan pra dan pasca-kelahiran, serta penyuluhan di komunitas. “Semua ini mendukung perencanaan keluarga yang sehat dan tepat,” jelasnya.

Sementara Luluk Sundari menambahkan bahwa KB merupakan kunci menuju Indonesia Emas 2045. “Dengan perencanaan kelahiran yang ideal, KB membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mendukung kesetaraan gender, dan mendorong pembangunan berkelanjutan,” terangnya.

Lebih lanjut diterangkan Luluk, program ini juga bertujuan menciptakan generasi yang sehat dan produktif demi kesejahteraan Indonesia di masa depan. (IKP – RSN)