April 16, 2024

Kali ini, Talkshow Ngawi Inspirasi mengundang narasumber Ketua Galeri Serena Ngawi sekaligus Ketua Handicraft Ngawi Elok Fauziatunnisa, pada Selasa (5/3/24) di Studio Radio Suara Ngawi.

Dikesempatan ini, Elok menceritakan bagaimana cikal bakal lahirnya toko Serena Ngawi yang menyediakan aneka produk lokal unggulan Ngawi pada 2019 silam dibawah naungan Dinas Koperasi dan UMKM dengan memanfaatkan ruang kosong sebagai tempat display produk.

“Dinkop UMKM mengizinkan kami untuk menggunakan ruang, dengan catatan juga menampilkan seluruh produk lokal Ngawi”, katanya.

Lanjut Elok, dinamakan “Serena” mulanya berasal dari nama koperasi Dinkop UKM yang merupakan kepanjangan dari “Semoga Rezeki Naik”, tapi diganti dengan “Serena Cahaya Kita”.

“Setelah kami diskusikan pada notaris, namanya tidak boleh serupa dan ide kami dengan memakai nama panjang”, jelasnya.

Pada awal berdirinya toko Serena hanya beranggotakan 15 orang, dan hingga kini meningkat sebanyak 101 orang, setelah bangkit dari pandemi covid-19 tepat pada awal 2020 lalu yang berimbas pada merosotnya omzet penjualan.

“Kami terus putar otak bagaimana caranya supaya usaha tidak melemah saat pandemi, akhirnya kami menjual beragam jenis masker unik seperti desain lukis, manik, dan renda sehingga permintaan masyarakat membludak kala itu”, katanya.

Selain menjual aneka makanan dan minuman, masyarakat juga dapat membeli hasil karya lukisan Elok diantaranya tas henna dan tas decoupage (menempel dari tisu), mahar, hiasan kayu, batik, dan pakaian.

“Adapun Promo selama bulan ramadhan pembelian di Serena senilai 100.000 bisa tebus gula di Gerai Koperasi senilai 16.000 saja. Lokasi Galeri Serena ada dilantai 1 Mal Pelayanan Publik Ngawi”, lanjutnya. (IKP)