Home / Berita / Kartu Prakerja : Program Bantuan Biaya Pelatihan dan Insentif Pemerintah
Kartu Prakerja
Prakerja.go.id

Kartu Prakerja : Program Bantuan Biaya Pelatihan dan Insentif Pemerintah

Pemerintah telah membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja secara online dan hingga saat ini sudah memasuki Gelombang Tahap III. Perlu diketahui, Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya pelatihan dan insentif yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Didesain sebagai sebuah produk, Kartu Prakerja dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi masyarakat sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Program ini tidak hanya untuk masyarakat yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Singkatnya, semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena Pemerintah percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih cerah di masa depan. Merespon dampak COVID-19, untuk sementara waktu, Kartu Prakerja akan diprioritaskan bagi pekerja maupun pelaku usaha mikro/kecil yang terdampak penghidupannya.

Lalu bagaimana tahapan program Kartu Pekerja ini? Berikut kami sampaikan 7 Tahap Program Kartu Prakerja yang dihimpun dari situs Prakerja.go.id:

  1. Pendaftaran
    Masuk ke situs https://prakerja.go.id dan buat akun dengan data diri yang valid;
  2. Seleksi
    Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa bergabung ke gelombang pendaftaran dan tunggu hasil pengumumannya;
  3. Pilih Pelatihan
    Pilih pelatihan di Mitra Platform Digital resmi dan bayar dengan Kartu Prakerja. Mitra Platform Digital yang saat ini tersedia adalah Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Bukalapak, Maubelajarapa, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir dan Kemnaker;
  4. Ikuti Pelatihan
    Selesaikan pelatihan online dan dapatkan sertifikat elektronik;
  5. Beri Ulasan dan Rating
    Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan kamu;
  6. Insentif Pasca Pelatihan
    Dapatkan insentif Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan;
  7. Insentif Pasca Survei kebekerjaan
    Isi 3 survei yang diberikan pasca pelatihan dan dapatkan insentif Rp 50 ribu untuk setiap survei.

Segera mendaftar di Program Kartu Prakerja ini karena pendaftaran gelombang 3 dimulai pada hari Senin (27/4/2020) hingga Kamis (30/4/2020).

Bagi dan Sebarkan :
0Shares
0 0
x

Check Also

Digitalisasi Penyiaran, Upaya Kominfo Jaga Koeksistensi Pertelevisian

Jakarta, Kominfo – Pemerintah mendorong digitalisasi penyiaran untuk menjaga koeksistensi industri pertelevisian ...