April 30, 2024

Asistensi Jilid 2 : Tingkatkan Kualitas Penilaian EPSS

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian gelar Bimbingan Teknis Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Jilid 2 lingkup Pemerintah Kabupaten Ngawi di Mini Command Center Diskominfo SP, Senin (07/12/22).

Bimtek kali ini di buka Kepala Bidang Statistik, Inti Kurniawati yang dihadiri Ketua TPB (Tim Penilai Badan) Harisman bersama DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) dan DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Kabupaten Ngawi.

Disampaikan Kabid Statistik, bimtek ini merupakan kolaborasi antara BPS selaku TPB (Tim Penilai Badan) dan TPI yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan statistik yang berkualitas.

Inti berharap evaluasi penyelenggaraan statistik di Kabupaten Ngawi nantinya bisa berjalan dengan lancar serta tepat waktu. “Memahami penilaian EPSS dengan berbagai indikator yang kompleks dengan bukti dukung tidak mudah,” katanya.

Tidak hanya itu, Inti juga minta TPI dan operator OPD yang terlibat untuk fokus serta memperhatikan asistensi yang diberikan BPS secara tuntas dan seksama.

Sementara Ketua TPB BPS, Harisman dikesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk menindaklanjuti Undang – Undang Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik, Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan BPS Nomor 3 Tahun 2022 Tentang EPSS untuk menghasilkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS), “Dimana EPSS dapat digunakan menjadi ukuran kinerja pembangunan statistik sektoral di setiap OPD,” tuturnya. (n.s/statistik)