Home / Teknologi / iOS 15 Menghadirkan Cara Baru untuk Tetap Terhubung dan Powerful

iOS 15 Menghadirkan Cara Baru untuk Tetap Terhubung dan Powerful

© apple.com

Apple – Baru-baru ini Apple mengumumkan sederet informasi dari software yang sudah mereka kerjakan selama ini, pembaruan pada iOS 15 pada perangkat iPhone. Utamanya yang menjadi sorotan adalah fitur-fitur terbaru yang bisa dinikmati oleh pengguna seperti FaceTime Links dan SharePlay, Notification Summary dan Focus, Live Text, iCloud+, dan perombakan pada browser Safari.

FaceTime Links dan SharePlay
Pada masa pandemic saat ini Apple melihat urgensi tinggi untuk menghadirkan sederet penyempurnaan pada FaceTime. Yang paling utama dan paling menarik mungkin adalah fitur bernama FaceTime Links. Peningkatan fitur pada FaceTime ini adalah pengguna dapat membagikan tautan kepada siapa saja yang ingin diaja bercengkerama secara virtual. Yang membuat istimewa adalah penerima link tidak wajib menggunakan produk dari Apple. Pengguna dapat mengakses menggunakan smartphone Android dan laptop dengan OS Windows melalui web dengan aman karena FaceTime Links ini telah terenkripsi secara penuh ( end-to-end) seperti biasanya.

Notification Summary dan Focus
Penyempurnaan fitur notifikasi pada iOS 15 adalah Notification Summary yang menyatukan notifikasi-notifikasi yang tidak mendesak dari beberapa aplikasi (yang bukan pesan kiriman seseorang), lalu menampilkannya di waktu senggang pengguna. Fungsi fitur ini supaya pengguna bisa lebih focus ketika melakukan suatu kegiatan seperti bekerja, belajar, olahraga dan lainnya. Dalam konteks ini Focus pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk memfilter notifikasi dan aplikasi berdasarkan kebutuhannya.

Live Text
Live Text menggunakan kecanggihan teknologi untuk mengenali teks dalam foto dan memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan, misalnya pengguna dapat mencari dan menemukan resep yang ditulis tangan, dan bisa langsung menyeleksi teks tersebut atau dapat menyalinnya ke catatan (Note). Semisal ada nomor telepon yang tertera di suatu foto, pengguna juga bisa langsung menelepon atau menambahkannya ke kontak dengan mengklik nomor tersebut. Live Text juga dapat digunakan pada foto-foto yang telah tersimpan lama pada perangkat.

iCloud+
Layanan pada iCloud di-upgrade menjadi iCloud+ yang menghadirkan tiga fasilitas ekstra untuk meningkatkan keamanan privasi pelanggan. Yang pertama adalah Private Relay, yang dari perspektif sederhana bisa dianggap sebagai fitur VPN yang terintegrasi ke iCloud. Jadi ketika browsing menggunakan Safari, Private Relay akan memastikan semua traffic yang meninggalkan perangkat akan selalu terenkripsi demi melindungi identitas penggunanya.

Fasilitas yang kedua adalah Hide My Email, yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan alamat-alamat email acak untuk dipakai mendaftar suatu layanan atau newsletter. Setelahnya, alamat acak tadi akan meneruskan konten ke inbox alamat email utama pengguna secara otomatis, sangat praktis untuk menjaga kerahasiaan alamat email utama yang dipakai.

Terakhir, iCloud+ juga menghadirkan dukungan HomeKit Secure Video, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan rekaman dari banyak kamera pengawas sekaligus, dan semua itu tidak akan ikut dihitung pada batasan storage masing-masing pelanggan.

Perombakan pada browser Safari
Tampilan Safari di iOS 15 sudah berubah drastis, dengan desain yang jauh lebih minimalis dan navigasi yang lebih baik. Di iOS 15, address bar-nya tak lagi diposisikan di atas, melainkan disatukan dengan tab bar di sisi bawah agar lebih mudah dijangkau menggunakan ibu jari. Untuk berpindah dari satu tab ke yang lain, pengguna bisa mengusap ke kiri atau kanan pada address bar baru tersebut.

Kumpulan tab yang sedang dibuka dapat dikelompokkan menjadi Tab Group, dan ini juga akan tersinkronisasi antar perangkat secara otomatis. Di Mac atau iPad, Tab Group dapat di-drag ke aplikasi lain, dan secara otomatis akan diubah menjadi daftar tautan yang bisa diklik. Terakhir, Apple turut menghadirkan dukungan extension pada Safari di iOS 15

Bagi dan Sebarkan :
Shares