Home / Artikel / Pentingnya TIK di Dunia Pendidikan pada Masa Covid 19

Pentingnya TIK di Dunia Pendidikan pada Masa Covid 19

Pandemi covid 19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit coronavirus 2019 di seluruh dunia untuk semua negara. Pandemi covid 19 ini cukup meresahkan setiap manusia di seluruh dunia, salah satunya adalah pelajar/mahasiswa. Dalam kegiatan pembelajaran pada era pandemi ini menggunakan daring. Setiap pelajar harus bisa beradaptasi dengan teknologi baru yang telah berkembang. Hal ini dilakukan agar generasi penerus tidak tertinggal dalam hal teknologi baru. Dengan begitu, teknologi dan pendidikan mampu berkembang bersama seiring dengan adanya generasi baru sebagai penerus generasi lama.

gambar daring pada masa covid 19

e-Learning

Pembelajaran yang dilakukan melalui daring atau dalam jaringan dengan memanfaatkan sebuah aplikasi atau web disebut dengan e-Learning. e-Learning merupakan suatu proses pembelajaran jarak jauh yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan media jaringan komputer. Selain menggunakan e-Learning sebagai sarana pembelajaran dosen, guru siswa/i dan mahasiswa/i menggunakan sarana media WhatsApp, Telegram dan video conference seperti Zoom, CloudX dan lain -lain. Penggunaan e-Learning  sebagai media mengelola pembelajaran pada masa pandemi covid 19 ini sangat cocok untuk diterapkan. Adapun beberapa kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan dengan media e-Learning adalah melakukan obrolan dengan teman atau pengajar, membuat forum diskusi, melakukan konsultasi pembelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan secara online. e-Learning bisa digunakan untuk melakukan obrolan baik antar mahasiswa ataupun antara mahasiswa dengan dosen, kegiatan perkuliahan tatap muka yang waktunya terbatas sehingga tidak cukup untuk melakukan obrolan-obrolan ringan akan teratasi dengan adanya media e-Learning ini.

Gambar daring menggunakan zoom meeting

Media e-Learning, menjadikan kegiatan pembelajaran lebih bermakna, karena antara mahasiswa dengan mahasiswa serta dengan dosen bisa melanjutkan perkuliahan tatap muka melalui obrolan ringan secara online dengan menggunakan e-Learning. Selain untuk melakukan obrolan ringan, e-Learning juga bisa digunakan untuk melakukan diskusi dalam forum tertentu yang lebih serius. Betapa pentingnya teknologi di era covid 19 ini, khususnya di dalam dunia pendidikan. Hingga dalam masa pandemik ini proses pembelajaran diharapkan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Bagi dan Sebarkan :
Shares
x

Check Also

Waspada Terhadap Fintech Ilegal yang Sedang Marak

Financial Technology atau Fintech menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah sebuah inovasi ...