Home / Uncategorized / Pemulihan Perekonomian Daerah Melalui Peningkatan Kualitas SDM Menjadi Prioritas RKPD 2022 Kabupaten Ngawi

Pemulihan Perekonomian Daerah Melalui Peningkatan Kualitas SDM Menjadi Prioritas RKPD 2022 Kabupaten Ngawi

Dinas KOMINFO Ngawi – Pada Senin 22, Maret 2021 di Gedung Widya Graha Kabupaten Ngawi dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan untuk Menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2022. Pada Musyawarah tersebut pemerintah Kabupaten Ngawi memprioritaskan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Musrenbang merupakan tahapan dalam rangka penyusunan rancangan akhir rencana kerja pemerintah daerah tahun 2022 sebagai landasan penyusunan kebijakan umum anggaran atau prioritas dan rancangan APBD tahun anggaran 2022.

Rencana kerja pemerintah daerah kabupaten ngawi tahun 2022 disusun dengan memperhatikan :

  1. Evaluasi capaian kinerja tahun 2020 dan perkiraan capaian target tahun 2021  
  2. Target kinerja daerah yang tertuang dalam rancangan RPJMD Tahun 2021-2026
  3. Prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan pemerintah provinsi jawa timur serta isu-isu strategis yang berkembang saat ini dan prediksi di masa yang akan datang.

Dalam Murenbang disampaikan capaian indikator kinerja daerah sesuai RPJMD Kabupaten Ngawi Tahun 2016-2021 dengan data sampai dengan tahun 2019 dan 2020 yang dirilis oleh BPS dan perhitungan oleh bapelitbang yang bekerja sama dengan pusat studi perguruan tinggi sebagai berikut :

Angka kemiskinan mengalami penurunan pada tahun 2016-2019 namun mengalami kenaikan sebagai dampak pandemic covid-19 pada tahun 2020 angka kemiskinan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya dan menjadi tingkat kemiskinan tertinggi ke-6 se-Jawa Timur.

“Ini menjadi tugas kita, masalah kita bersama, tantangan kita kedepan karena angka kemiskinan kita yang masih tinggi dan nantinya perlu menjadi skala prioritas bagi Kabupaten Ngawi untuk kedepan lebih memperhatikan bagaimana strategi inovasi untuk penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Ngawi” Jelas Bupati Ngawi.

Tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan dari tahun 2016-2019, namun di karenakan pandemic covid-19 pada tahun 2020 tingkat pengangguran terbuka mengalami peningkatan.

Untuk Indeks pembangunan manusia mengalami kenaikan dari tahun 2016-2020.

Angka pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan dari tahun 2016-2018 namun sedikit menglami penurunan pada tahun 2019 hingga 2020.

Terdapat 5 prioritas pembangunan daerah tahun 2022 yang disampaikan dalam musrenbang mengenai peningkatan SDM dan pengembangan pendidikan vokasi pertanian ramah lingkungan, Pengembangan pertanian, agrowisata, industry pengolahan berbasis pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi, Pemberdayaan koperasi dan usaha mikro berbasis pertenian, Peningkatan infrastruktur wilayah dan infrastruktur pertanian guna kemudahan distribusi dan peningkatan produktivitas pertanian, serta Keterbukaan tata Kelola pemerintahan dan peningkatan kepuasan pelayanan publik.

“Musrenbang di tingkat Kabupaten tinggal finalisasi, setelah serentak dilaksanakan di setiap kecamatan” Jelas Bupati Ngawi.

Bagi dan Sebarkan :
Shares
x

Check Also

Ini 4 Prioritas Kominfo dalam Transformasi Digital

Jakarta, CNBC Indonesia– Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki 4 prioritas dalam transformasi ...