April 19, 2024

Peran Diskominfo SP dan Forwebsa Mendukung Pembangunan Desa

Kembali, LPPL Radio Suara Ngawi gelar Talkshow Ngawi Inspirasi kali dengan tema Peran Forum Operator Website Desa (Forwebsa) Dalam Membangun Digitalisasi Pelayanan Pemerintahan Desa Bersama DPMD Kabupaten Ngawi, Selasa (11/04/23) dengan narasumber Kepala Bidang Pemerintahan Desa, DPMD, Arif Syaifudin, dan perwakilan Forwebsa, Arbangi dan JFU Bidang Aptika Yudha Indra Permana.

Forwebsa menurut Arbangi baru dibentuk tahun 2020 lalu, atas inisiatif bersama membentuk perkumpulan yang bertujuan memberikan edukasi untuk desa melalui Website Desa. “Baru pada akhir Desember 2020 tepatnya di tanggal 26, saya dan beberapa rekan yang getol dalam hal IT mulai berinisiatif membentuk semacam perkumpulan yang bertujuan memberikan edukasi kepada desa,” ungkapnya.

Sampai saat ini, Forwebsa dikatakan Arbangi secara masif menjadi mitra Dinas Kominfo SP termasuk sosialisasi aplikasi Srigati (Sistem Informasi Desa Terintegrasi) yang menjadi layanan pemerintahan di 213 desa se-Kabupaten Ngawi.

Sementara Arif Syaifudin mengatakan aplikasi Srigati sangat membantu dalam pelayanan Pemerintahan Desa, “Segala macam hal administrasi surat menyurat, lapak jual beli demi menggiatkan e-commerce bisa ditampilkan di Srigati,” tuturnya.

Sedangkan peran Diskominfo SP sebagai pengelola dan pemelihara Website Desa, dikatakan Yudha sangat penting termasuk aktif berkoordinasi dengan DPMD maupun Forwebsa, “Hal ini untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan desa yang lebih baik,” katanya. (Aptika)