April 16, 2024

Kembali, Program Talkshow bersama BPS di Radio Suara Ngawi, Selasa (23/01/23) kali membahas program statistik sosial untuk mengukur indeks kesejahteraan sosial di Kabupaten Ngawi melalui Sakernas dan Susenas.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin, dan yang menjadi subject matter di kabupaten atau kota adalah Tim Statististik Sosial, hadir sebagai narasumber Statistisi Ahli Muda dari BPS Ngawi Yulli Hartati dan Statistisi Pelaksana Octavia Dian Pratama.

Dijelaskan Yulli, dua kegiatan itu berasal dari direktorat yang berbeda, tapi masih dalam lingkup kedeputian statistik sosial.

“Sakernas berfokus pada pengumpulan data ketenagakerjaan dan menghasilkan indikator pengangguran terbuka dan kesempatan kerja, sedangkan Susenas pada kondisi sosial ekonomi serta rumah tangga, yang diperoleh indikator kemiskinan, data pendidikan dan kesehatan”, katanya.

Dalam setahun, pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak 2 kali yang diawali Sakernas pada Februari dan periode keduanya Juli-Agustus, sedangkan Susenas di bulan Maret dan September.

“Agar seluruh masyarakat mensupport program ini dengan menyambut kedatangan petugas dan menjawab seluruh pertanyaan”, tuturnya.

Selanjutnya, masyarakat dapat mengakses data BPS di situs ngawikab.bps.go.id atau datang langsung ke kantor BPS dan kantor MPP setiap Senin, Rabu, Jumat. (IKP)