April 16, 2024

Bimtek Input Romatik, Samakan Standart Metode Pembinaan Statistik Sektoral OPD

Sejumlah strategi dilakukan Dinas Kominfo SP dalam menyamakan standart metode pembinaan statistik sektoral OPD se Kabupaten Ngawi salah satunya dengan Bimbingan Teknis Input Romantik dan Metadata Statistik Sektoral selama tiga hari, Selasa – Kamis (20 – 22/02/24) di Hall La Densa Ngawi.

Bimtek kali ini dibuka Kadin Kominfo SP melalui Kabid Statistik, Inti Kurniawati didampingi Kepala BPS Ngawi, Bagas Susilo beserta jajarannya.

Bimtek dengan narasumber Arif Wibowo dan Silma Hidayadien diikuti 27 peserta perwakilan OPD.

Diterangkan Kabid Statistik bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut evaluasi adanya inkonsistensi dalam pengisian data di aplikasi Romantik dan MS Keg, ” Makanya Diskominfo bersama BPS berupaya menyempurnakan melalui Bimtek ini,” katanya.

Kali ini, Inti juga mengungkapkan bahwa disetiap OPD telah ditunjuk operator data sebagai pendukung produsen data. “Para operator ini bertugas sebagai produsen data yang harus menyediakan, mencari dan menyampaikan data yang benar dan akurat dari tiap kegiatan statistik di unit kerjanya masing-masing melalui aplikasi Romantik,” terangnya.

Ditambahkan Inti, upaya ini juga wujud kolaborasi peningkatan SDM bersama BPS Ngawi untuk mewujudkan Satu Data Indonesia.

Sementara Kepala BPS Ngawi juga mengatakan selama ini di DDA 2024, masih ditemukan data yang belum valid, “Data yang disediakan PD masih sering berubah-ubah, terkadang data yang diberikan berbeda dengan yang ada di OPD,” ungkapnya.

Bagas berharap kedepan data sektoral  yang disajikan konsisten, sebab sebagai bukti kualitas data statistik yang dihasilkan PD.

Di Bimtek ini peserta dipandu narasumber terkait input data di aplikasi Romantik

“Aplikasi ini berbasis web yang dibangun oleh BPS untuk menyediakan fasilitas layanan bagi instansi pemerintah yang akan memberitahukan rancangan kegiatan statistik sektoralnya ke BPS serta untuk mendapatkan rekomendasi dari BPS,” terang Arif.

Selain tata cara pengisian, dipelatihan ini juga dilakukan evaluasi isian Romantik tahun 2024, MS Keg 2023 yang dilanjutkan pengisian MS Indikator dan MS Variabel. ” Jika ada peserta yang belum memahami dalam pengisian atau penjelasan dari materi metadata, pengisian MS – Ind serta aplikasi Romantik bisa berkoordinasi dengan BPS atau Diskominfo,” tambahnya. (Statistik)