April 16, 2024

PersadaID Talks: Bidang Persandian Untuk Kemanan Data Informasi Ngawi

Disesi terakhir PersadaID Talks di program Berita Indonesia Live (BI Live) edisi Jumat (16/2/24) menghadirkan narasumber Kabid Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo SP Wurianto Saksomo untuk membahas peran Bidang Persandian dan Kemanan Informasi di Kabupaten Ngawi.
Secara singkat, Wurianto menyampaikan tugas Bidang Persandian dan Keamanan Informasi adalah sebagai pengaman informasi, khususnya jaringan informasi yang disediakan Pemkab. Ngawi dengan menerapkan konsep teori dan ilmu tertentu untuk mendukung kerja pemerintah dalam pengamanan informasi.
“Kami disini melindungi data privasi dari ancaman pihak luar yang berusaha untuk mencuri atau mengambil alih data di website Pemerintah Kabupaten Ngawi, OPD, dan desa”, katanya.


Dilanjutkan Wurianto, edukasi dan sosialisasi pada Masyarakat terkait pemanfaatan gadget sebagai sarana media sosial juga sering dilakukan, terutama untuk menghindari dampak negatif yang ditimbulkan, salah satunya cyber bullying (perundungan di internet atau media sosial) di kalangan pelajar.
“Dalam waktu dekat ini Diskominfo SP Ngawi akan Kembali menyelenggarakan sosialisasi bagi pelajar dengan tema pencegahan cyber bullying dan didampingi ahli psikologi”, jelasnya.

Sedangkan melihat masalah angka bullying secara nasional semakin meningkat di tahun 2020, ada kasus sekitar 100 kasus dan di tahun 2020 juga mengalami penurunan menjadi 50 kasus karena pandemi Covid-19, sedangkan tahun 2022 melonjak menjadi 200 kasus yang kemungkinan semakin bertambah. (IKP)