April 19, 2024

Hari Terakhir, Pemetaaan TIK dan Perekaman TTE Berjalan Sukses

Akhirnya rampung juga pelaksanaan pemetaan TIK dan perekaman TTE OPD setelah berlangsung dua hari, Selasa – Rabu (23 – 24/05/23).

Disampaikan Kadin Kominfo Statistik dan Persandian, Wahyu Sri Kuncoro mengatakan jika ada OPD belum bisa datang, sesuai jadwal, bisa dilakukan dua hari kedepan, “Ada beberapa Dinas, yang berhalangan hadir untuk perekaman TTE, akan kita jadwalkan di hari Kamis dan Jumat,” ujarnya.

Untuk kesekian kalinya, Wahyu menandaskan tujuan dari pemetaan TIK ini untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang keadaan, penyebaran, dan pemanfaatan teknologi informasi dan mengidentifikasi infrastruktur TIK di Kabupaten Ngawi termasuk telekomunikasi, jaringan internet dan pusat data.

“Informasi ini sangat penting dalam menentukan sejauh mana Kabupaten Ngawi dapat terhubung dengan dunia luar, serta apakah infrastruktur yang ada sudah memadai untuk mendukung perkembangan teknologi dan transformasi digital,” tuturnya.

Sementara Kabid Aptika Ambar Adhi Prasetyo dengan pelaksanaan kegiatan ini berhasil mengumpulkan
data akurat terkait infrastruktur TIK di OPD se Kabupaten Ngawi.

Selain itu, lanjut Ambar dengan perekaman TTE (tanda tangan elektronik), diharapkan akan mampu menjaga keamanan informasi penting yang nantinya mampu berkontribusi terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Ngawi

“Dengan upaya ini tentunya, telah menciptakan landasan yang kokoh untuk pengembangan teknologi serta melindungi data vital, untuk penyelenggaraan pemerintahan disini, selain pelaksanaan integrasi data sebagai proses penggabungan dari sejumlah OPD kedalam satu sistem yang berfungsi sebagai kesatuan dara yang memungkinkan untuk berbagi pakai,” terangnya panjang lebar. (Aptika)