April 16, 2024

Memasuki diakhir tahun, juga menjadi awal musim penghujan, sekaligus menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan sedini mungkin untuk menghindari wabah DBD.

Kali ini program Ngobrol Pintar (Ngopi) di Radio Suara Ngawi FM, mengundang sejumlah narasumber membahas penanggulangan infeksi DBD di Kabupaten Ngawi, dari Promkes Puskesmas Pitu David Prasetyo di Radio Suara Ngawi, Kamis (7/12/23).

David mengatakan, pada perubahan cuaca ekstrem saat ini seluruh masyarakat harus menjaga lingkungan untuk selalu bersih dan mencegah nyamuk penyebab DBD berkembang biak.

“Demam berdarah dengue merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue, dan ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypi dan Aedes albopictus serta membuat penderitanya mengalami nyeri hebat”, kata David.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah potensi lonjakan nyamuk DBD di rumah, diantaranya menguras bak mandi, membersihkan wadah penampung air, dan memasang kasa dan kelambu.

“Selanjutnya tidak menumpuk atau menggantung baju terlalu lama, memakai lotion antinyamuk, memakai pakaian tertutup serta fogging”, tuturnya.

Sedangkan di Puskesmas Pitu, seperti yang dikatakan David sudah menerapkan kader Jumantik pada masing-masing keluarga untuk mengurangi angka penderita DBD di Kabupaten Ngawi.

“Dilakukan pemeriksaan, pemantauan, dan pemberantasan jentik nyamuk khususnya Aedes aegypi dan Aedes albopictus”, katanya.

Turut hadir Kepala Programer DBD Sahroni dan Promkes Tatiek. (IKP)