Home / Artikel / WhatsApp Meluncurkan Fitur Baru yang Memukau

WhatsApp Meluncurkan Fitur Baru yang Memukau

Whatsapp baru saja meluncurkan fitur baru, yakni person-to-person payments (pembayaran dari orang ke orang). Hal ini baru saja diluncurkan dalam beberapa jam terakhir, meskipun baru di satu negara, Brazil.

Dalam sebuah posting di WhatsApp blog, Perusahaan telah mengumumkan bahwa pembayaran digital untuk orang-orang dan usaha kecil baru saja dimulai. Ini jauh dari sekedar pembaruan dari aplikasi. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang peningkatan terbaru dalam postingan berita yang ditulis oleh kontributor Forbes Zak Doffman disini.

Jadi, mengapa perkembangan ini penting?

Ya, Brazil hanyalah langkah awal, tentu saja, dan meskipun tidak ada janji yang dibuat tentang fitur yang mengarah ke Amerika utara atau ke negara lain, kemungkinan besar hal itu akan terjadi.

Dan ini mencerminkan cara WhatsApp menjadi begitu dominan di tempat pertama. Cemerlang, meskipun aplikasi pesan di iPhone (dan meskipun mungkin akan ada peningkatan besar yang diumukan oleh Apple dalam beberapa hari mendatang), pengalaman terbaiknya adalah di seluruh perangkat Apple. Fitur-fitur seperti teks tinta yang tak terlihat, animasi balon dan lainnya hanya terlihat di iPhone dan iPad, misalnya.

Tapi WhatsApp? Ya, itu dirancang agar terlihat sangat identik di setiap platform, jadi Anda tidak perlu tahu teman mana yang menggunakan iPhone dan mana yang menggunakan Android sebelum Anda mengirim pesan – semua orang akan dapat melihatnya dengan cara yang sama.

Jadi, penambahan pembayaran adalah perubahan besar. Sistem pembayaran peer to peer Apple sendiri, Apple Pay Cash, hanya tersedia antar akun Apple saja.

Dengan pembayaran digital WhatsApp, Anda akan dapat melakukan pembelian tanpa meninggalkan obrolan WhatsApp. Perusahaan mengatakan bahwa mengirimkan uang kepada orang yang dicintai akan semudah mengirim pesan, hal tersebut menjadi sangat penting meskipun orang tersebut saling terpisah satu sama lain.

Awalnya, hanya kartu debit dan kartu kredit tertentu yang didukung, meskipun perusahaan mengatakan telah “membangun model terbuka untuk menyambut lebih banyak mitra di masa depan”.

Keamanan terletak pada kenyataan bahwa Anda harus menggunakan pin enam digit atau sidik jari (otentikasi biometric lainnya) untuk menyelesaikan transaksi.

Berita ini mengejutkan karena diasumsikan bahwa WhatsApp akan memulai debut fitur ini di India karena telah menguji pembayaran disana selama beberapa waktu.

Sistem ini diaktifkan oleh Facebook Pay, yang sudah berlangsung, di sejumlah kecil negara, termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Tetapi kedatangan fitur lengkapnya di WhatsApp akan membuat perbedaan yang lebih besar, terutama ketika telah merambah ke lebih banyak wilayah.

Hari ini Visa juga mengumumkan bahwa mereka terlibat dengan Facebook untuk membuat fitur pembayaran terjadi, menggunakan Visa Direct, perusahaan push-payment teknologi dan terkadang disebut Visa Cloud Tokenization yang merupakan keamanan dari Visa yang menghapus informasi pembayaran sensitif dari transaksi dengan mengubah data menjadi token, yang kemudian disimpan dengan aman. Visa mengatakan teknologi token ini menghilangkan risiko seputar perlindungan data dan mengurangi Langkah yang tidak perlu bagi konsumen. (Kominfo/Toni Efendi).

Di alih terjemahkan ke Bahasa Indonesia dari artikel yang ditulis pada : https://www.forbes.com/sites/davidphelan/2020/06/15/whatsapp-suddenly-launches-ground-breaking-new-feature/#b995a6562ca2

Bagi dan Sebarkan :
0Shares
0 0
x

Check Also

Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi Gelar Webinar Pengelolaan Website Desa Tahun 2020

Dampak dari Pandemi Covid-19 yang membuat semua pihak harus menyesuaikan kegiatan yang ...